Fungsi Wiper Mobil Depan dan Belakang serta Tips Merawatnya

Posted on


Mobil adalah sebuah kendaraan roda empat yang diciptakan untuk mempermudah mobilisasi manusia. Kendaraan jenis ini secara umum dibuat dari beberapa komponen yang dikaitkan menjadi satu kesatuan sehingga dapat berjalan dan berfungsi optimal. Setiap mobil tentunya memiliki banyak sekali komponen pembentuk dan juga pendukung, dan salah satu komponen pendukung yang akan kita bahas di sini adalah wiper.

Tentu kita sudah tidak asing dengan komponen yang satu ini karena memang mobil generasi lama pun sudah dilengkapi dengan wiper. Wiper mobil umumnya kita temukan pada bagian kaca depan, namun seiring perkembangan zaman, wiper juga diterapkan di bagian kaca belakang mobil. Hal ini lah yang terkadang membuat orang awam bingung sebenarnya apa fungsi dari wiper belakang.

Nah, untuk menjawab rasa penasaran anda terkait fungsi dari wiper mobil, maka langsung saja simak pembahasan berikut ini.

Fungsi Wiper Mobil Depan dan Belakang

  • Fungsi wiper mobil bagian depan

Mungkin sudah banyak yang tahu apa fungsi dari wiper depan. Ya, fungsi utama dari wiper ini adalah untuk membersihkan atau mengelap kaca depan dari air yang menghalangi pandangan pengemudi, sehingga pengemudi dapat kembali melihat lintasan dengan jelas.

Selain itu, wiper ini juga dapat digunakan untuk menyapu atau menyingkirkan sesuatu yang ada di kaca depan seperti debu, daun, atau benda – benda kecil lain.

  • Fungsi wiper mobil bagian belakang

Nah, ini lah yang banyak tidak diketahui, fungsi dari wiper belakang. Sebenarnya, fungsi utama dari wiper belakang juga sama persis seperti wiper depan, bahkan saat musim penghujan, wiper ini sangat berguna bagi pengemudi untuk melihat visualitas di bagian belakang mobil.

Seperti yang kita tahu, selain menggunakan spion samping, seorang pengemudi juga akan lebih sering menggunakan spion dalam untuk melihat kondisi di belakang. Di sinilah wiper belakang berperan. Wiper akan membersihkan kaca mobil dari air atau kotoran sehingga pengemudi dapat lebih berhati – hati ketika ingin mundur atau menyalip kendaraan di depannya agar tidak terjadi kecelakaan.

Segala fungsi wiper mobil di atas akan berjalan lebih maksimal jika kondisi wiper dalam keadaan baik. Untuk itu sebelum menggunakan mobil terutama untuk jarak jauh, sebaiknya periksa dulu seluruh kondisi komponen mobil. Dan untuk wiper mobil, berikut kami bagikan beberapa tips dalam merawatnya :

  1. Gunakan wiper pada timing yang tepat

Menggunakan wiper tidak boleh asal, ada beberapa peraturan yang harus ditaati agar wiper tidak cepat rusak salah satunya adalah masalah timing. Hal ini bertujuan agar proses penyapuan tidak sia – sia.

Wiper pada mobil modern umumnya sudah dilengkapi dengan tingkat kecepatan seperti momentum, intermittent, slow, fast, super fast. Sesuaikanlah tingkat kecepatan tersebut dengan keadaan yang ada. Karena wiper yang menyapu dalam kondisi kaca kering atau hujan yang tidak terlalu deras (gerimis) dapat menyebabkan kerusakan pada bagian karetnya. Selain itu wiper yang digunakan pada timing yang tepat juga akan cepat turun durabilitasnya.

  1. Hindari menggunakan wiper mobil tanpa menyemprotkan air washer

Sama kaitannya dengan poin nomor 1, wiper yang menyapu kaca dalam keadaan kering atau sedikit basah hanya akan merusak karet dan menurunkan durabilitasnya sehingga tidak dapat lagi berfungsi secara optimal.

Itulah beberapa fungsi dari wiper mobil depan dan belakang mobil serta tips untuk merawatnya. Semoga ulasan diatas bisa bermanfaat.

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *