Menuntut Ganti Rugi atas Paket Kiriman Luar Negeri

Posted on
Kamis, 28 Juli 2011 | 15:04 WIB

Saya konsumen jasa kiriman Paket Pos Luar Negeri melalui PT. Pos Indonesia. Pada tanggal 23 Desember 2010, saya mengirimkan paket dengan tujuan ke United States (US) melalui PT Pos Indonesia Cabang Asia Afrika, Bandung. Paket di terima dengan nomor resi/ tracking number pengiriman CP 004902915 ID.

Seperti yang disampaikan oleh petugas penerima bahwa paket akan diantar ke tujuan maksimal 2 bulan dengan menggunakan transportasi laut. Selayaknya nomor resi/ tracking number pada setiap jasa pengiriman yang bisa di lacak secara online melalui situs www.posindonesia.co.id, maka nomor tersebut adalah panduan bagi penerima di US untuk mengetahui status paketnya. Pada bulan pertama, nomor tersebut saya lacak melalui online statusnya masih di Bandung.

Saya pun mengontak PT Pos Indonesia Cabang Asia Afrika no telp 022-4207081 untuk menanyakan status paket yang belum berubah. Dari sana dijelaskan bahwa paket kiriman belum ada informasi dari Jakarta. Sebulan berikutnya saya lacak, statusnya masih juga di Bandung.

Saya mengontak kembali PT. Pos Indonesia Cabang Asia Afrika, dijelaskan dengan jawaban yang sama dan saya diminta untuk menghubungi kantor PT Pos Indonesia Pusat Jakarta. Saya mencoba menghubungi ke Jakarta tetapi tidak bisa terhubung. Saya pun mencoba bersabar atas keanehan tersebut. Bulan ke-3 setelah pengiriman saya lacak lagi, ternyata nomor resi tersebut sudah di hapus oleh PT Pos Indonesia.

Saya menghubungi PT Pos Indonesia Cabang Asia Afrika, dan diterima oleh Pak Karol dengan nomor pengaduan 171. Kemudian Pak Karol menjelaskan bahwa kiriman setelah 3 bulan akan dihapus secara online. Saya pun mengajukan protes atas penghapusan secara sepihak dari PT Pos Indonesia karena tracking number adalah satu-satunya cara penerima di US untuk mengetahui status paketnya. Kemudian Pak Karol berusaha akan menyelidiki status paket tersebut.

Setelah itu, saya beberapa kali menghubungi Pak Karol untuk menanyakan perkembangan paket tersebut, dan dijelaskan bahwa dia sudah berusaha menanyakan sebanyak 3 kali melalui online ke Jakarta untuk diteruskan ke US mengenai status paket tersebut tetapi tidak ada jawaban.

Kemudian dia meminta saya membuat Surat Klaim Kehilangan yang ditujukan kepada Pimpinan PT Pos Indonesia – Asia Afrika Bandung. Pada tanggal 27 April 2011 surat tersebut saya kirimkan ke Pak Karol. Pada tgl 5 mei dan 7 Juni 2011, saya juga sudah mengirimkan email ke 400mcc@posindonesia.co.id; 400manop@posindonesia.co.id yang isinya yaitu korespondensi saya dengan penerima di US (Mr Jason) yang menyatakan bahwa Mr Jason sd saat ini sdh 6 bulan belum juga menerima paket kiriman tersebut dan Mr Jason justru meminta kepada saya tanda bukti terima dari pos jika memang dinyatakan sudah terkirim dari pos.

Mr Jason juga mempertanyakan nomor tracking yang sudah tidak bisa di lacak lagi. Mr Jason juga sdh memberikan nomor telponnya untuk kiranya pejabat pos bisa menghubungi dia untuk dikonfirmasi. Setelah 2 minggu, saya menghubungi kembali Pak Karol, dan dijelaskan bahwa nomor kantong paket saya sudah diketahui tetapi statusnya masih di centre Jakarta dan email dari saya juga sudah disampaikan kepada atasannya, Pak Basuki.

Dia sudah 3 kali menanyakan mengenai nomor kantong tersebut tetapi juga tidak ada jawaban. Sampai disini Pak Karol meminta saya langsung berhubungan dengan atasanya yaitu Pak Basuki sebagai Manajer/ Supervisor untuk penerusan pengajuan klaim kehilangan paket dan ganti ruginya sesuai Surat Klaim Kehilangan karena hal tersebut diluar wewenang dia lagi.

Saya pun diminta membuat janjian untuk bertemu dengan Pak Basuki yang diwakili oleh Pak Ari, teman saya di Bandung. Dari pembicaraan tersebut Pak Basuki akan berusaha menyelesaikan masalah tersebut. Saya pun diberikan kesempatan untuk berbicara langsung melalui telepon dengan Pak Basuki dan meminta no HP beliau. Pada tanggal 13 Juni 2011, saya menelepon no hp Pak Basuki tetapi tidak diangkat dan saya mengirimkan sms menanyakan klaim tersebut.

Kemudian beliau membalas “mohon waktunya, mudah-mudahan di bulan ini ada penyelesaian dari kami perihal klaim bapak kepada kami”. Tanggal 22 Juni dan 27 Juni saya mencoba menelpon dan mengirim sms ke HP Pak Basuki untuk klaim tersebut tetapi tidak pernah diangkat dan tidak ada balasan. Pada tanggal 30 Juni 2011, saya meminta teman saya untuk mendatangi pak basuki.

Dari pembicaraan langsung saya dengan Pak Basuki via hp teman saya itu, barulah saya mendapat jawaban kalau klaim akan ditindaklanjuti setelah ada pembicaraan dengan kepala kantor yg baru sj dilantik hari itu dan saya diminta untuk menunggu 2 minggu untuk penyelesaian klaim tersebut. Pada tanggal 14 Juli 2011, saya dihubungi oleh Pak Basuki dan beliau menyatakan bahwa pihak Pos di US tidak menerima paket saya sehingga paket tsbt dinyatakan hilang.

Dan berkas pengajuan klaim ganti rugi ke saya sdh diajukan ke kantor pusat di Jakarta sejak tanggal 10 Juli 2011 untuk ditandatangani sehingga pencairan ganti rugi bisa dilakukan. Pada tanggal 26 Juli, saya kembali menghubungi Pak Basuki menanyakan acc surat pencairan dari Jakarta apa sdh ada, kemudian beliau menjawab mengenai klaim ganti rugi diserahkan kepada Kantor Wilayah di Bandung.

Dan beliau akan membuat surat ke Kantor Wilayah sekarang dan akan segera diberikan kepada wilayah. Pada tanggal 28 Juli saya menghubungi beliau kembali menanyakan acc surat tsbt dari kantor wilayah, dijawab bahwa surat baru akan diantarkan hari ini karena menunggu tanda tangan dari wakil kepala. Begitu panjangnya masa penantian saya untuk mendapatkan ganti rugi krn sampai dengan keluhan ini saya buat, tidak ada jawaban yang pasti kapan penyelesaian klaim ganti rugi saya terima.

Sebagai konsumen, saya sangat dirugikan secara waktu, dan nilai barang mengingat paket tersebut adalah barang return yang saya beli dari US dan jika saja barang tersebut sampai 2 – 3 bulan seperti yang dijanjikan petugas di PT. Pos Indonesia Cabang Asia Afrika pasti uang saya + ongkos kirim dari US akan dikembalikan oleh Seller di US. Tapi karena paket ini hilang, saya meminta pencairan ganti rugi segera atas nilai barang yang hilang sesuai dengan surat klaim.

Semua bukti pembelian, tracking number US dan korespondensi saya ke seller semua masih ada sebagai bukti. Saya menuntut kepada pejabat di PT Pos Indonesia Cabang Asia Afrika untuk tidak menunda-nunda hak konsumen dan segera menyelesaikan permasalahan ini. Sejak saya mengajukan klaim tertanggal 27 april sd 27 juli 2011 saja sudah 3 bulan, belum lagi jika dihitung dari tanggal 23 Desember 2010 sejak pengiriman paket sd sekarang berarti sudah 7 bulan lebih.

Saya menunggu begitu lama, dan masih belum ada pertanggungjawaban. Padahal sekarang sudah jaman online dan cepat untuk berkomunikasi. Jika cara yang semestinya yang sudah saya tempuh untuk menuntut keadilan kepada PT Pos Indonesia masih belum ada tanggapan yang memuaskan. Mudah-mudahan dengan surat ini masih ada perhatian dan keadilan terhadap hak-hak saya.

Firmansyah
KPAD Cibubur Jl. Kapulaga 1 A/21
Jakarta Timur 13720

Kompas.com

loading...