Service Center Nikon Menjadikan Kamera Bahan Percobaan

Posted on
Selasa, 3 Januari 2012 | 18:22 WIB

Pada tanggal 10 Desember 2011, saya membeli kamera merk Nikon dengan type Coolpix S3100 (Garansi Resmi Nikon Indonesia) dengan harapan dapat langsung saya pergunakan dengan semestinya. Tapi ternyata baru berumur satu minggu kamera sudah bermasalah pada lensanya dan langsung saya service ke Service center Nikon Indonesia dan dalam 2 hari sudah selesai diperbaiki kata mereka. Setelah saya ambil dan saya mau mencoba untuk menggunakan ternyata bermasalah lagi dengan masalah yang sama yaitu lensa error dan mengakibatkan saya harus balik lagi ke Nikon Indonesia Service Center yang katanya mau di observasi dulu dan dilihat lagi.

Untuk yang service kedua ini mereka jg katanya berhasil menyelesaikannya dalam waktu 2 hari, dengan senang hati saya mengambilnya untuk saya gunakan. Tapi apa mau dikata kamera itu hanya bertahan 1 minggu saja untuk saya gunakan dan selebihnya mengalami masalah yang sama dengan yang sebelumnya yaitu lensa eror. Yang menjadi pertanyaan saya apakah kamera saya selama ini diperbaiki disana atau dijadikan bahan percobaan mereka yang membuat saya harus bolak balik memperbaiki nya.

Apakah kamera Nikon type Coolpix S3100 itu cacat produksi, karena belum sebulan dipergunakan sudah 3 kali mengalami error yang sama. Kalau memang cacat produksi kamera saya, kenapa mereka tidak mau mengganti kamera saya dengan yang baru dan hanya diperbaiki padahal itu adalah garansi resmi Nikon Indonesia, yang seharusnya mereka bisa mengganti kamera saya dengan yang baru karena sudah 3 kali mengalami masalah yang sama. Saya sudah mengajukan kepada mereka untuk mengganti kamera saya dengan yang baru tapi mereka bilang tidak mau dan hanya bisa diperbaiki saja.

Padahal seharusnya setelah mengalami 2 kali error yang sama seharusnya mereka bertanggung jawab mengganti kamera saya dengan yang baru karena ini adalah garansi resmi mereka. Tidak seharusnya mereka menjual kamera yang cacat produksi ke pelanggan. Siapa yang mau bertanggung jawab untuk kerugian baik finansial maupun non finansial saya?? Karena saya beli kamera ini untuk saya pergunakan bukan untuk menjadi bahan percobaan Nikon Indonesia Service Center. Sekarang ini kamera saya sedang ada di Nikon Indonesia Service Center yang saya tidak tahu akan mereka apakan, apakah akan di jadikan bahan percobaan lagi?

Saya menjadi pesimis, setelah selesai diperbaiki apakah dapat dipergunakan sebagaimana mestinya atau akan error lagi dalam waktu beberapa hari dan saya harus balik lagi ke mereka untuk diperbaiki lagi atau bisa jadi saya harus bolak balik lagi sampai garansi saya habis dan saya sudah tidak bisa claim untuk service lagi karena masa garansi sudah habis. Terus terang saya jadi kecewa dengan Nikon, jika tahu akan begini jadinya lebih baik saya membeli kamera merk lain yang saya tahu jasa pelayanan mereka lebih baik. Terima kasih.

Lienda Surja
Jl. Mesjid VI no 12A
Jakarta Barat

kompas.com

loading...

2 thoughts on “Service Center Nikon Menjadikan Kamera Bahan Percobaan

  1. sy juga mengalami hal yg sama. Sy membeli Nikon D7000. Hasil foto ada bintik hitam, terutama pada bukaan kecil >11. pas sy telfon, katanya itu masalah sensor yg kotor. dan akan dibersihkan. Padahal banyak thread di internet yg menyatakan bahwa banyak nikon d7000 yg bermasalah seperti ini. Dan masalahnya ada pada Lubricant oil atau apa gitu. yg katanya muncrat trus nempel di sensor.

    Harusnya itu diperhatikan, bila perlu produk ini ditarik dari pasar.
    Bukan di servis.

  2. sy mengalami hal yg sm dgn lienda surja, memang kualitas camdig nikon s3100 ga bagus/lensa sering EROR,hasi foto bnyk bintik hitam.mana penjelasan dari pihak nikon indonesia???

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *